TransLink Micropayment Services

Posted by ADMIN

TransLink Micropayment Services - Selanjutnya disebut TransLink - merupakan pengembangan dari layanan Sistem Online Payment Point (SOPP) yang menyelenggarakan layanan pembayaran listrik online di wilayah PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur sejak tahun 2005. Layanan SOPP telah memberikan layanan kepada 1.200.000 pelanggan PLN dengan nilai tagihan lebih dari 100 Milyar rupiah per bulan.

Perkembangan Micropayment yang diyakini akan menjadi trend di masa yang akan datang telah terlihat saat ini dengan dimulainya e-commerce, mobile cash dan beberapa hal lain yang mengindikasikan adanya pergeseran pola pembayaran. Transformasi pola pembayaran di berbagai aspek perekonomian itulah yang saat ini menjadi fokus TransLink sehingga perubahan pola pembayaran di yang akan terjadi di masyarakat tetap dapat diikuti.

Dengan basis kompetensi dasar yang telah dimiliki di bidang layanan pembayaran online berbasis outlet, transformasi menuju layanan pembayaran dengan skema micropayment dijalankan TransLink dengan meluncurkan 2 kategori produk sebagai berikut :

TransLink Micropayment Outlet atau TransLink Outlet
 
Merupakan sasaran antara yang menjadi pondasi transformasi dari pembayaran konvensional menuju skema micropayment. Beberapa hal pokok yang dilakukan di TransLink Outlet adalah :
  1. Penambahan Varian Layanan Pembayaran
  2. Mengarahkan mekanisme pembayaran menggunakan kartu debit / kartu kredit
  3. Mendesain platform pembayaran menggunakan e-wallet atau mekanisme pembayaran lain sesuai skema micropayment

TransLink Mobile Phone Micropayment

Dikembangkan sebagai platform lanjutan dan menjadi substitusi dari layanan berbasis outlet menuju mobile services. Beberapa produk dasar telah dikembangkan sebagai langkah awal. TransLink menjadi penghubung antara vendor/ billers dan pelanggan dalam penyediaan berbagai layanan melalui jaringan TransLink Outlet yang secara administratif dikelola oleh Collection Outlet. TransLink sekaligus terlibat dalam pengelolaan finansial melalui lembaga perbankan yang menghubungkan lalu-lintas keuangan antara Pelanggan, Outlet , Collection Outlet, TransLink dan Vendor/Biller. Di beberapa wilayah TransLink mengembangkan kerjasama dengan pihak lain yang disebut sebagai Regional Agent untuk mendukung operasional Outlet dan Collection Outlet di sisi teknis.

Supported By PT. PATTINDO

Post a Comment